RSS

Landasan Hidup

20 Nov

Pendidikan yang tinggi dan materi yang berlimpah, ternyata tidak bisa membuat kita bijak dalam berfikir dan bertindak. Yang jelas itu semua bukan menjadi jaminan untuk kita bisa arif dalam menyikapi hidup ini, kalau tidak didasari dengan pondasi keimanan yang kuat. Orang yang berpendidikan tinggi dan berlimpah materi tanpa ada landasan agama yang kuat ibarat orang buta yang disuruh mengambil mutiara ke dasar laut. Karena keterbatasan ilmu agama yang dimilikinya seseorang sering menggampangkan suatu masalah, dia tidak akan menimbang baik atau buruknya dari segi agama tapi dia lebih memperhitungkan untung rugi bagi dirinya pribadi.

Mungkinkah itu yang terjadi di tanah Air saat ini? Banyaknya terjadi tindakan korupsi dan terjadinya pelecehan atau pengkianatan terhadap hukum, baik itu hukum manusia maupun hukum agama. kalau sudah begini siapakah yang bisa kita percaya untuk menjadi pemimpin kita. Sumpah di atas kitab dianggap mainan petak umpet, demi menutupin aib. Tidak sadarkah kita bahwa sesuatu yang busuk itu akan terbongkar. Kalau tidak terbongkar di dunia di Padang Masyar itu akan dipertontonkan pada kita di hadapan bertriliun-triliun manusia. apakah disaat itu kita masih mampu untuk menutupin aib diri? hanya orang-orang bertoubatlah yang akan dijamin oleh Allah SWT untuk melangkah ringan menuju sorga dunia dan akhirat. Hanya orang-orang bertoubatlah yang akan ditutup aibnya yang lalu oleh Allah SWT.

Apakah bencana yang datang pada bumi Indonesia ini tidak bisa kita jadikan pertanda bahwa Allah telah menurunkan tanganNya untuk memperingatin kita akan banyaknya kesalahan dan dosa yang telah kita perbuat. Kita yang dipercaya sebagai kalifah di atas bumi ini sudah tidak bisa memegang amanat dari Allah untuk menjalankan agamaNya. Menegakkan kebenaran dan memberantas kemungkaran. Untuk itu marilah saudar-saudara ku, kita kembali memenahi diri dan koreksi diri sendiri. itu lebih baik daripada kita sibuk menunjuk hidung orang yang memiliki kesalahan. Marilah kita belajar dari salah yang kita perbuat dan dari salah yang orang perbuat. Karena kesalahan itu juga merupakan ilmu bagi kita. Sekarang bukan waktu dan zamannya lagi kita menghujat orang karena setiap manusia memiliki kekurangan dan kelebihan. belajar memahami orang itu lebih baik. Bentengilah diri dan hati kita dengan ilmu agama.

Ilmu agama adalah pondasi yang tak akan terkalahkan oleh gempa Padang, oleh tsunami Aceh, semburan lumpur lapindo dan merkuri yang mencemarin teluk buyat bahkan tidak akan terkalahkan oleh kiamat 2012. Pendidikan yang tinggi itu penting agar kita tidak tertinggal dengan kemajuan zaman. Materi uang berlimpah itu lebih penting, agar kita bisa membeli tiket ke surga. Tapi ilmu agama itu labih sangat penting karena itulah kendaraan yang akan menghantarkan kita masuk ke surga firdaus. Dan benteng kita untuk menghadapi setan-setan dalam wujud manusia, uang dan tahta. Ilmu agama adalah obat penawar dari segala racun dunia.

Iklan
 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 20 November 2009 in Catatan Kecil

 

Tag:

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: